8 Tips merawat Harddisk Agar Lebih Awet dan Tahan lama

8 Tips merawat Harddisk Agar Lebih Awet dan Tahan lama

Tips merawat Harddisk

Lutfilah.com – Harddisk adalah sebuah media penyimpanan data pada komputer maupun laptop, mungkin tidak sedikit diantara sobat yang sudah mengetahui pengertian dan faedah dari hard disk.

Tetapi siapakah yang tahu teknik merawat hard disk secara benar supaya tidak cepat bad sector. Karena hard disk adalahmedia yang lumayan penting dalam suatu komputer sebab semua system komputer kita seluruh tersimpan di hard disk.

Jika hard disk sobat bobrok entah tersebut mungkin kena virus, bad sector, maupun tidak terbaca oleh komputer dan beda sebagainya maka akan lumayan merepotkan kita, bukan??

Sebenarnya pada prinsip umum dari kerjanya hard disk mempunyai sebuah piringan besi atau biasa dinamakan dengan (Platter) dengan penggerak motor yang bekerja dengan menggerakan suatu head untuk mengerjakan proses input dan output suatu data, dengan melewati proses kerja demikian menciptakan media yang satu ini sangat-sangat sensitif terhadap suatu getaran atau benturan saat sedang beroperasi, beda dari tersebut penyimpanan yang bertumpuk dan tak beraturan bisa menimbulakan terjadinya kehancuran pada Platter atau tidak jarang disebut dengan Bad Sector.

Salah satu komponen hardware pada laptop yang butuh mendapatkan perhatian khusus ialah Hardisk. Hardisk adalahtempat penyimpanan data dan lokasi sistem operasi terinstall. Tipe hardisk yang umum dipakai pada laptop ketika ini ialah Hardisk SATA ukuran 2,5 inch. Selain sebab mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar, harganya pun relatif tidak terlampau mahal.

1. Selalu matikan Laptop dengan benar.

Hal kesatu yang mesti tidak jarang kali kita ingat ialah “selalu mematikan laptop dengan benar, yakni dengan mengurangi tombol Shutdown”. Untuk tersebut hindari mematikan laptop dengan teknik langsung mengurangi tombol power, cek baterai laptop tidak boleh sampai laptop tiba-tiba mati sebab kehabisan baterai.

2. Jaga hardisk dari guncangan, tidak boleh menenteng-nenteng laptop yang masih hidup

Hardisk adalahkomponen harware yang didalamnya mengandung lapisan cakram magnetik yang dapat berputar dengan kecepatang paling tinggi contohnya 7200 putaran permenit (rpm)sehingga sangat berbahaya sekali terhadap goncangan lagipula ketika laptop masih hidup maka adanya benturan pada laptop dapat membuat lapisan cakram menjadi sobek, yang disebut dengan hardisk bad sector. Oleh karena tersebut hati-hatilah saat membawa laptop, tidak boleh sampai laptop tertekan benda lain, terbentur atau bahkan terjatuh.

Baca juga pengertian, fungsi hardisk

3. Jalankan Disk Cleanup

Disk Clean up ialah tool bawaan Windowsm yang bermanfaat untuk mencuci isi hardisk dari file-file yang telah tidak bermanfaat lagi, seperti contohnya temporary file, log file, dan file yang ada pada recycle bin. Bagi menjalankan disk cleanup ini metodenya adalah:

Buka jendela Windows Explorer > Klik kanan pada hardisk yang inginkan di cleanup (misal drive C) > Klik Properties.
Klik tombol Disk Cleanup – tunggu sebentar dan sesudah jendela Disk Cleanup muncul, pilih file-file apa saja yang akan dilemparkan > Klik OK

disk CLeanup

Lakukan perawatan hardisk dengan menjalankan disk cleanup ini minimal tiap sebulan sekali.

4. Lakukan Disk Defragmenter

Disk Defragmenter ialah tool bawaan Windows yang bermanfaat untuk merangkai ulang data-data yang tersimpan pada hardisk. Jalankan disk defragmenter ini paling tidak sebulan sekali sampai-sampai hardisk kita tetap optimal. Bagi menjalankan tool ini caranya ialah :

Disk Defragment HDD
Buka jendela Windows Explorer > Klik kanan pada hardisk yang inginkan di defrag > Klik Properties.

Klik tab Tools – Pada unsur Defragmentation, klik tombol “Defragments Now”
Pilih dengan teknik klik hardik yang bakal didefrag. Bagi menganalisa apakah hardisk itu perlu di defrag atau tidak maka klik tombol Analize Disk. Bagi langsung mendefrag klik tombol Defragment Disk.

6. Monitor temperatur hardisk, jaga tidak boleh sampai hardisk merasakan overheat dan pasangkan anti virus

Sama laksana komponen hardware yang lain, hardisk pun harus anda jaga supaya jangan sampai merasakan overheating (panas berlebih) yang dapat menyebabkan kehancuran pada hardisk. Jaga supaya ventilasi laptop (biasanya pada sisi sebelah kiri) tetap fasih dengan teknik rajin membersihkannya, menanam laptop pada posisi yang datar, tidak menempatkannya di lokasi yang bergelombang laksana kasur atau karpet yang dapat menyumbat aliran udara yang mengalir dari ventilasi laptop, serta memakai cooling pad, yang dapat mendinginkan laptop secara keseluruhan.

Dengan meng-instal antivirus yang tidak jarang kali update sampai-sampai akan meminimalkan resiko kehancuran hardisk sebab adanya serangan virus laksana virus boot sector, virus yang memakan space hardisk dll. Untuk susunan antivirus yang dapat anda gunakan dapat dilihat di artikel tentang “antivirus terbaik guna laptop” sebelumnya.

8. Backup Hardisk secara rutin

Merawat hardisk tidak saja mengerjakan perawatan dari sisi hardware atau fisiknya saja, namun merawat data-data yang ada didalamnnya pun termasuk teknik merawat hardisk. Salah satu teknik untuk mengasuh data-data hardisk ialah dengan mengerjakan backup yang bertujuan guna mendapatkan salinan dari hardisk itu baik berupa data ataupun system operasi. Jadi bilamana suatu ketika terjadi kehancuran pada hardisk, maka kita dapat melakukan recovery secara cepat. Tentang teknik melakukan backup hardisk ini akan dibicarakan pada srtikel eksklusif tentang teknik backup dan recovery.

Demikianlah tips teknik perawatan hardisk pada laptop semoga berfungsi dan silahkan untuk menyerahkan saran dan masukan lainnya lewat komentar dibawah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Tips merawat Harddisk Agar Lebih Awet dan Tahan lama"

Posting Komentar

Mohon tidak menghina / mencela jadilah komentar yang baik.