Pengertian Harddisk Beserta Fungsi dan Cara Kerja Harddisk super lengkap!!



Lutfilah.com- Harddisk biasa pun disebut hard disk drive (HDD), hard drive, disk drive atau fixed disk. kita tentu telah tidak asing lagi ketikan mendengar nama perlengkapan tersebut sebab perlengkapan ini bisa dengan gampang ditemukan pada seluruh jenis perlengkapan komputer dan server.

Dan pada peluang ini, anda akan membahas menyeluruh mengenai definisi harddisk, faedah harddisk, komponen serta teknik kerja dari harddisk.

Daftar isi:

1. Pengertian Harddisk
2. Fungsi Harddisk
3. Komponen Harddisk
4. Cara Kerja Harddisk

1. Pengertian Harddisk

Pengertian Harddisk Beserta Fungsi dan Cara Kerja Harddisk super lengkap!!


Harddisk ialah salah satu perlengkapan keras komputer yang meluangkan ruang penyimpanan yang dipakai untuk menyimpan atau menyimak data pada komputer. Harddisk adalahjenis kenangan komputer yang mempunyai sifat non-volatile memory yang berarti data pada kenangan jenis ini tidak bakal hilang walau perangkat tersebut sudah dimatikan.

Berbeda dengan media penyimpanan RAM yang melulu menyimpan data selama perlengkapan tersebut mempunyai daya.

Harddisk kesatu kali diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1956, yang mana lantas menjadi standar penyimpanan untuk pemakaian komputer umum ditahun 1960-an. Hingga ketika ini pun perlengkapan harddisk masih menjadi berpengaruh sebagai perlengkapan penyimpanan guna personal komputer maupun guna server.

Yang menjadi kompetitor utama pada perlengkapan harddisk ketika ini merupakan perangkat penyimpanan yang dinamakan Solid-state drives (SSD) yang mana menawarkan kecepatan menyimpan atau menyimak data yang lebih cepat, pemakaian daya yang lebih rendah, serta masih tidak sedikit lagi kelebihannya. Bagi lebih jelasnya kamu dapat menyimak postingan sebelumnya tentang pengertian SSD beserta kelemahan dan kelebihannya.

2. Fungsi Harddisk

Harddisk merupakan kenangan berkapasitas besar pada komputer yang bermanfaat untuk menyimpan atau menyimak data pada komputer. Data yang ditabung tersebut laksana sistem operasi kamu (windows, linux), aplikasi (browser, office dll) serta data pribadi kamu (dokumen, foto, lagu dll).

Harddisk muncul dengan sekian banyak  macam ukuran kapasitas yang dapat menyimpan sampai milyaran bytes. Biasanya semakin besar ukuran kapasitas dari suatu harddisk maka semakin rendah kecepatan RPM-nya (rotate per minute). RPM disini mengacu pada kecepatan putar dalam jangka masa-masa satu menit yang dilaksanakan oleh di antara komponen harddisk yang dinamakan platter. Setiap harddisk mempunyai kecepatan putar yang berbeda-beda tergantung pada jenis harddisknya, tetapi kecepatan yang tidak sedikit digunakan ketika ini ialah 5.400 rpm.

3. Komponen-Komponen pada Harddisk


Pengertian Harddisk Beserta Fungsi dan Cara Kerja Harddisk super lengkap!!

Harddisk terdiri dari sejumlah komponen penyusun sehingga dapat menjalankan kegunaannya dengan baik. Adapun komponen itu diantaranya merupakan :

1) Platter
Platter tercipta dari bahan keras laksana aluminium, kaca atau keramik yang lantas diselimuti dengan bahan magnetis yang bermanfaat untuk menyimpan data dikomputer anda. Sebuah harddisk berkapasitas besar seringkali dilengkapi dengan platter yang lebih dari satu, yang dibentuk bertumpuk di tengah spindle.

2) Spindle
Spindle adalahkomponen yang bermanfaat untuk menyangga platter supaya tetap berada diposisinya pada ketika platter diputar. Selain tersebut pada spindle pun ada motor yang bermanfaat untuk memutar platter dengan kecepatan yang tinggi.

3) Read/write head
Read/write head ialah komponen yang bermanfaat untuk membaca, mencatat atau menghapus data pada platter. Terdapat satu head di tiap sisi platter, satu sisi diatas bermanfaat untuk menyimak dan satu sisi dibawah guna menulis. Dalam urusan menjalankan kegunaannya read/write head ini ditolong dengan actuator arm.

4) Read/write actuator arm
Read/write actuator arm berperan layaknya suatu lengan pada jenis pemutar musik yang dulu. Arm ini bermanfaat untuk menyesuaikan posisi read/write head cocok dengan tempat data yang bakal tulis pada pattern.

Baca juga : cara merawat harddisk

4. Cara Kerja Harddisk

Pada harddisk terdapat suatu komponen yang mempunyai nama platter yang terdiri dari material magnetik yang terbagi menjadi milyaran lokasi yang paling kecil. Setiap area itu dapat diserahkan gaya magnet (untuk menyimpan 1) atau tidak diserahkan gaya magnet (untuk menyimpan 0). Dengan membulatkan nilai-nilai itu maka bakal menghasilkan suatu informasi. Misalnya satu kata mewakili 1 byte atau 8 bit.

Gaya magnet dipakai pada penyimpanan komputer sebab dengan demikian data pada komputer bisa tersimpan walau perangkat sudah dimatikan. Sama halnya bila kamu memberikan daya magnet untuk sebuah paku, maka paku itu akan tetap dialiri oleh gaya magnet hingga kamu melepaskan gaya magnet tersebut.

Ketika kamu menyimpan data pada harddisk, data itu tidak melulu lansung ditulis berhamburan begitu saja di platter. Data tersebut ditabung dengan sangat apik pada pola platter. Bit data tersusun secara konsentris dan melingkar yang lantas disebut sebagai track. Setiap track dibagi menjadi lokasi yang lebih kecil yang dinamakan sector.

Pada unsur dari harddisk ada sistem yang menyimpan peta tentang informasi dari semua data sector. Peta ini memahami sector mana yang telah dipakai dan yang mana yang masih kosong. Pada sistem operasi windows peta ini dinamakan File Allocation Table atau FAT. Ketika komputer hendak menyimpan informasi baru, ia akan menyaksikan peta terlebih dahulu untuk menggali sektor yang kosong.

Lalu lantas menginstruksikan read/write head untuk beralih melintasi platter guna menemukan tempat yang tepat, lalu lantas menyimpannya disana. Untuk menyimak sebuah informasi, proses yang sama dilaksanakan namun dengan teknik terbalik, dimana sector yang dicari ialah sector yang mengandung informasi yang bersangkutan. Begitu tidak sedikit informasi data yang dapat anda simpan pada harddisk walau dengan ukurannya yang terbilang kecil.

Namun walau demikian harddisk bisa menjadi masalah bila ada kotoran atau debu didalamnya. Sebuah potongan debu berukuran kecil dapat membuat read-write head bergerak tidak stabil sampai dapat merusak bahan magnetis pada platter.

Hal ini dikenal sebagai disk crash (atau head crash) dan urusan itu dapat menghilangkan data pada harddisk anda. Oleh sebab itu, usahakan kamu melakukan backup data pada file-file penting kamu seperti dokumen atau potret pada perlengkapan penyimpanan lain laksana CD, flash disk, atau penyimpanan cloud.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Harddisk Beserta Fungsi dan Cara Kerja Harddisk super lengkap!!"

Posting Komentar

Mohon tidak menghina / mencela jadilah komentar yang baik.