11 Tips Cerdas Merawat Komputer dengan Benar yang belum anda tahu berikut ini?


Komputer adalah alat yang serong dipakai dalam kehidupan sehari-hari misalkan, kegiatan kantor, kegiatan seorang pelajar dan lain sebagainya. kebanyakan orang juga bisa mengoperasikan komputer dengan baik, Dan sudah menjadi keharusan kita sebagai pengguna komputer atau empunya komputer, untuk menjaga dan membersihkan komputer dengan baik dan benar.

Hal ini bertujuan supaya perlengkapan komputer tidak bobrok dan tidak hang ketika memakainya. semakin majunya zaman timbulnya perangkat komputer sangat pesat sehingga menjadi primadona masyarakat. contoh saat ini yaitu adanya Tablet, laptop, Ipad dan lain sebagainya.

penggunaan zaman sekarang juga lebih keren dan lebih praktis. Sudah tentu seorang yang mempunyai pc (personal computer) atau laptop berkeinginan supaya perangkatnya tetap dalam
situasi baik dan tahan lama bukan?

Tips Cerdas Merawat Komputer dengan Benar


10 Tips Cerdas Merawat Komputer dengan Benar yang belum anda tahu berikut ini?

Komputer ibarat peliharaan sobat dan sudah sepantasnya sobat sebagai empunya komputer wajib  merawat, serta sering-sering membersihkan, jangan cuma hanya menggunakan.
namun, perawatan juga hal yang sangat penting!

Tujuannya supaya komputer sobat tetap optimal dalam pengoprasianya.

Kualitas Barang Komputer ialah faktor utama yang dominan didalam kinerja komputer.
Biasanya Harga komputer yang mahal dan brand ternama bakal mempengaruhi harga jualnya.
namun, tak selamanya yang mahal bagus dan tak selamnya yang murah jelek.
tetapi yang utama adalah kualitaslah yang mempengaruhi harga jual komputer.

Merawat komputer menjadi keharusan bagi setiap pemakai untuk tidak jarang sekali merawat komputer sehingga komputer tidak mudah bobrok dan hang. lagipula dengan sekian banyak  perangkat yang hampir menyamai kegunaan komputer di tahun 2020 ini, yaitu samahalnya notebook, laptop, ipad, tabled dan banyak lain macam perangkat modern yang paling hebat diminati masyarakat didunia.

Pada peluang Kali ini saya akan berbagi tips komputer kepada sobat mengenai teknik merawat komputer dengan baik dan benar dan pastinya lebih tahan lama bebas gangguan dari beberapa virus yang dapat menyerang komputer kapan saja.

Oke, langsung saja ketopiknya......

1. Tutup/close program yang tidak perlukan

10 Tips Cerdas Merawat Komputer dengan Benar yang belum anda tahu berikut ini?

Setiap program yang diload atau dijalankan memerlukan memory (RAM) sampai-sampai semakin banyak program yang dijalankan semakin banyak juga memori yang tersita. Hal ini di samping dapat mengakibatkan komputer berjalan lambat (lelet) beban kerja komputer sobat juga menjadi lebih berat yang akhirnya dapat memperpendek usia komponen pada komputer sobat.

2. Ventilasi yang cukup


10 Tips Cerdas Merawat Komputer dengan Benar yang belum anda tahu berikut ini?

Maksudnya ialah tempatkan monitor maupun CPU sobat sedemikian rupa sampai-sampai ventilasi udara dari tembok ke monitor atau CPU lumayan lebar dan udara yang masuk lumayan lancar. Ventilasi yang tidak cukup akan mengakibatkan panas berlebihan hingga membut komponen/rangkaian elektronik di dalam komputer akan menjadi cepat panas sampai-sampai dapat memperpendek usia komponen tersebut. Oleh karena itu usahakan jarak antara monitor atau CPU dengan dinding atau tembok paling tidak 30 cm. Jika butuh pasang kipas angin di dalam ruangan.

3. Install program antivirus dan updatelah secara rutin


10 Tips Cerdas Merawat Komputer dengan Benar yang belum anda tahu berikut ini?

Untuk bisa mengenali virus-virus baru pada komputer sobat usahakanuntuk  mengupdate program software antivirus secara rutin. Virus yang terlanjur menyebar di komputer membuat sobat  harus menginstall ulang komputer. Hal ini di samping membutuhkan ongkos juga akan mengakibatkan harddisk komputer sobat akan lebih cepat bobrok dibanding jika tidak tidak jarang diinstall ulang.

4. Uninstall atau buang program yang tidak sobat gunakan

Ruang harddisk yang terlalu banyak akan memperlambat proses read/write harddisk.
sehingga beban kerja komputer sobat akan lebih berat sampai-sampai harddisk pun akan cepat rusak.

5. Pakailah UPS/Stabilizer.


10 Tips Cerdas Merawat Komputer dengan Benar yang belum anda tahu berikut ini?

Gunakanlah UPS guna mengantisipasi listrik mati atau padam secara tiba-tiba yang bisa mengakibatkan kehancuran pada komponen komputer sobat terutama pada harddisk.
Jika sobat tidak mempunyai UPS, gunakanlah Stabilizer guna mengantisipasi dan
menstabilkan naik turunnya tegangan listrik.


6. Defrag harddisk kamu secara rutin.

10 Tips Cerdas Merawat Komputer dengan Benar yang belum anda tahu berikut ini?

Fungsi defrag ialah untuk mengatur dan mengurutkan file-file harddisk menurut jenis file atau data sedemikian rupa supaya mempermudah proses read atau write pada komputer.

sehingga beban kerja pada komputer sobat akan lebih enteng yang akhirnya bisa memperpanjang masa pemakaian harddisk.

Caranya klik menu Start>Program>Accesories>System Tool Disk Defragmenter.
Saat menjalankan faedah ini jangan ada program beda yg berjalan tergolong screensaver yang aktif pada komputer karena bakal mengacaukan faedah defrag ini.

7. Aktifkan screensaver pada komputer anda.


10 Tips Cerdas Merawat Komputer dengan Benar yang belum anda tahu berikut ini?

Selain mempunyai sifat estetis, screensaver mempunyai manfaat lain yang penting.
Monitor CRT memakai fosfor untuk memperlihatkan gambar. Jika monitor memperlihatkan gambar yang sama untuk sejumlah saat. maka, terdapat fosfor yang menyala terus menerus.

Hal ini dapat menyebabkan monitor sobat bermasalah yakni gambar menjadi redup/kurang jelas.
lain halnya monitor sobat seperti LCD, LED yg telah dilengkapi dengan energy saving, maka screensaver tidak terlalu diperlukan lagi.

Cara menggiatkan screensaver dapat dilaksanakan dengan banyakt cara, salah satunya
 klik Start> Control Panel >Display > klik tab screensaver, lantas pilih sesuka selera sobat.

8. Bersihkan Recycle Bin atau file-file sampah secara rutin


10 Tips Cerdas Merawat Komputer dengan Benar yang belum anda tahu berikut ini?

Sebenarnya file atau folder yang sobat hapus tidak langsung hilang dari harddisk.
sebab file tersebut akan ditampung terlebih dahulu di Recycle Bin dengan maksud supaya suatu ketika apabila sobat masih membutuhkannya dapat membalikkan lagi. Recycle Bin yang kapasitasnya penuh juga akan menyita ruang harddiskshingga dapat mengakibatkan pembacaan harddisk jadi lambat atau lelet.

Cara menjalankannya yaitu di Windows Explorer> klik Recycle Bin> klik File> klik Empty Recyle Bin Atau bisa menjalankan faedah Disk Cleanup Caranya Klik Star> Program> Accessories>System Tool> Disk Cleanup, lantas pilih drive yang mau dimurnikan, setelah tersebut centangilah pilihan Recycle Bin bila perlu centang yang beda (seperti temporary file, temporary internet file),
setelah itu klik OK.

9. Pasang kabel ground


10 Tips Cerdas Merawat Komputer dengan Benar yang belum anda tahu berikut ini?

Casing computer terkadang menyetrum ketika dipegang, memasang kabel ground berguna mengantisipasi casing nyetrum. Caranya ambil kabel dengan panjang seperlunya, ujung satu dihubungkan dengan badan CPU (pada casing) sementara ujung yg beda ditanam dalam tanah.

Hal ini dapat menetralkan arus listrik yang “nyasar” pada komputer dan tidak menyetrum lagi serta urusan ini pun dapat menciptakan komponen elektronik pada komputer lebih tahan lama dan tahan lama.

10. Jangan menempatkan Speaker Active terlampau dekat dengan monitor


10 Tips Cerdas Merawat Komputer dengan Benar yang belum anda tahu berikut ini?

Hal ini kedengarannya adalah suatu hal bsering dilakukan, sebab pada umumnya jika speaker ditaruh didekat sisi kiri monitor dan sisi kanan monitor. akan membuat medan magnet yang terdapat pada speaker akan memprovokasi monitor sehingga membuat warna monitor menjadi tidak rata atau belang-belang.

Saya sarankan untuk sekarang juga!

Jaga jarak speaker active, masing-masing sebelah kiri dan kanan berjarak 30cm supaya medan magnet pada speaker tidak memprovokasi warna monitor anda.

11. Bersihkan motherboard dan periferal beda dari debu secara rutin


10 Tips Cerdas Merawat Komputer dengan Benar yang belum anda tahu berikut ini?

Setidaknya enam bulan sekalil urusan ini mesti kamu lakukan. Buka casingnya terlebih dahulu lantas bersihkan motherboard dan periferal. perbeda (RAM, Video Card, Modem, Sound Card, CDR/CDRW/DVRW, kipas, dll) dengan sikat halus.

Jangan lupa!! ketika komputer tidak dipakai, tutuplah komputer (monitor, CPU, keyboar, mouse) dengan cover sampai-sampai debu tidak gampang masuk ke dalam komputer anda.

Soalnya, kerusakan paling umum pertama kali pada komponen komputer adalah kotor....

Nah, demkianlah yang bisa saya sampaikan tentang merawat komputer dengan baik dan benar pada kesempatan kali ini.

Silahkan, like, komen, dan share siapa tahu artikel ini bermanfaat bagi teman sobat atau yang lainnya.

Terimah kasih......

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Tips Cerdas Merawat Komputer dengan Benar yang belum anda tahu berikut ini?"

Posting Komentar

Mohon tidak menghina / mencela jadilah komentar yang baik.